Kamis, 02 Juli 2020

Pertemuan 12 Penelitian Tentang Jaringan Perusahaan

PENELITIAN JARINGAN DI PT.GLOBALINDO

PENDAHULUAN
          Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi khususnya di bidang informasi, maka peranan komputer sangatlah penting bagi suatu pemerintahan, lembaga pendidikan maupun perusahaan swasta dalam membantu kegiatan operasional para staf dalam melakukan sistem informasi pengolahan data menyajikan suatu informasi yang tepat dan akurat. Perkembangan teknologi yang sangat pesat juga diiringi dengan perkembangan sistem jaringan yang sangat pesat pula. Selain menggunakan komputerisasi, banyak instansi pemerintahan, lembaga pendidikan maupun perusahaan swasta yang sudah memanfaatkan sistem jaringan guna kelancaran aktifitas kerjanya.
          Yang terjadi saat ini perusahaan – perusahaan yang bergerak di bidang non IT kurang memperhatikan tentang perancangan jaringan yang baik dan keamanan jaringan yang baik. Karena perusahaan – perusahaan non IT kurang memahami mengenai ilmu perancangan jaringan serta kurangnya sumber daya manusia yang ahli dalam jaringan.
          PT. Globalindo Intimates adalah merupakan suatu unit usaha perseroan terbatas yang bergerak pada bidang garment. Permasalahan yang terjadi pada PT. Globalindo adalah terletak pada jaringan nya yang kurang terstruktur dan koneksi internet nya lambat, data yang tidak aman, jaringan sering putus – putus, terbatasnya bandwith, Kurang amannya jaringan karena hanya menggunakan WEP sebagai proteksi dalam jaringan. Maka dari itu penulis merancang jaringan dan menganalisa keamanan nya supaya lebih lancar dan nyaman dalam menggunakan jaringan internet yang ada.
            Selama ini untuk mengatasi keamanan jaringan hanya mengaktifkan firewall. Tulisan ini membahas hasil penelitian tentang jaringan dan keamanannya di PT. Globalindo Intimates.

TINJAUAN PUSTAKA
                Menurut Febri, Wijoyo, Agung mengungkapkan bahwa Virtual Private Network (VPN) adalah jaringan public yang dibuat seolah-olah private melalui tunneling, biasanya di dalam internet. Pada awalnya VPN tidak mencakup otentikasi atau enkripsi data. Sebagai contoh, Generic Routing Encapsulation (GRE) adalah sebuah protokol tunneling yang dikembangkan oleh CISCO yang dapat melakukan enkapsulasi berbagai jenis paket protokol Network Layer di dalam IP tunnels.
          Menurut Purnama, Aziz mengungkapkan bahwa Keamanan jaringan didefinisikan sebagai sebuah perlindungan dari sumber daya terhadap upaya penyingkapan, modifikasi, utilisasi, pelarangan dan perusakan oleh person yang tidak diijinkan.




METODE

Gambar Topologi Jaringan pada PT.Globalindo


Metodologi penelitian yang dilakukan yaitu Tahap pertama adalah Meneliti Jaringan Lama yang ada di PT. Globalindo Intimates. Dalam penelitian ini penulis menganalisa jaringan lama yang ada pada PT. Globalindo Intimates. Tahap kedua yang dilakukan adalah menganalisa keamanan jaringan. Dalam PT. Globalindo Intimates terdapat beberapa Kelemahan keamanan jaringan sebagai berikut :

     A. Keamanan Data Untuk sharing data Di PT. Globalindo Intimates masih menggunakan file sharing secara individu. Jadi setiap user yang datanya ingin dibagikan ke user lain harus melakukan file sharing di komputer masing – masing. Hal ini berbahaya dikarenakan file sharing tersebut tidak diproteksi sehingga semua client yang terkoneksi dalam jaringan dapat melihat, mengambil, mengubah bahkan menghapus file dari komputer yang yang telah tersharing.

    B. Wireless sering mati Dalam PT. Globalindo Intimates pembagian IP atau dhcp Server masih menggunakan access point. Access point yang digunakan Di PT. Globalindo Intimates merupakan access point yang kurang bagus sehingga ketika melayani koneksi wireless antara komputer client sehingga kadang – kadang terjadi hang pada access point. Dalam mengatasi permasalahan pada access point hal yang dilakukan yaitu dengan merestartnya untuk mengatasi fungsinya secara normal.

     C. Kurang Amannya Jaringan Pada PT. Globalindo Intimates ketika ingin masuk kedalam jarigannya setiap client harus memasukkan WEP (Wireless Encription Protocol) kode yang telah diset pada access point. Untuk penggunaan WEP (Wireless Encription Protocol) ini sebagai sarana perlindungan awal dari Hotspot.

     D. Terbatasnya Bandwith Bandwith yang ada pada PT. Globalindo Intimates yaitu 1,5 Mbps yang digunakan untuk 32 client, untuk penggunaan secara normal seperti penggunaan email, bandwith sebesar ini sudah sangat mencukupi akan tetapi apabila ada beberapa user yang membuka situs vidio streaming tentunya akan menghabiskan bandwith yang ada pada PT. Globalindo.

HASIL DAN PEMBAHASAN

                Tahap pertama Setelah mengetahui kelemahan jaringan pada PT. Globalindo Intimates. Langkah selanjutnya yaitu merancang jaringan baru pada PT. Globalindo . Rancangan jaringan pada PT. Globalindo Intimates diberi penambahan perangkat Server Proxy Smoothwall untuk Pembatasan Bandwith Internet dan untuk mengeblok situs – situs streaming seperti youtube.com dan Server Data WS 2003 untuk penyimpanan dan pengaman data. Dibawah ini merupakan cara penanganan kelemahan pada PT. Globalindo Intimates.

     A. Keamanan Data untuk mengamankan dan mengumpulkan data yang tidak aman penyelesaian nya yaitu dengan menggunakan windows server. Windows Server dikonfigurasi dan diatur hak akses dari setiap folder dan sub folder berdasarkan departemen dan user yang bersangkutan. 

     B. Wireless Sering Mati Penyelesaiannya yaitu dengan menggunakan AP (access point) yang difungsikan sebagai pemberi IP, sehingga memberatkan fungsi AP, maka AP hanya akan difungsikan sebagai penyebar WDS saja. 

     C. Keamanan Jaringan Untuk keamanan jaringan yang ada pada PT. Globalindo diberi penambahan login hotspot dengan menggunakan mikrotik, sehingga akan menambah segi keamanan, karena ketika user ingin menggunakan jaringan hotspot akan di mintai username dan password yang nantinya dibutuhkan untuk akses kedalam internet 

     D. Terbatasnya Bandwith Untuk mengatasi terbatasnya bandwith di PT. Globalindo Intimates, kita dapat menambahkan proxy yang dapat digunakan untuk mempercepat koneksi internet. Proxy ini dapat digunakan untuk mencache situs atau website yang telah diakses user – user dan akan diolah kembali ketika ada user – user yang merequest situs atau website yang sama. Proxy ini juga digunakan untuk memfilter situs – situs yang dapat menyebabkan berkurangnya bandwith seperti halnya situs vidio, misalnya : youtube.com. Bandwidth adalah besaran yang menunjukkan seberapa banyak data yang dapat dilewatkan dalam koneksi melalui sebuah network. Lebar pita atau kapasitas saluran informasi. Kemampuan maksimum dari suatu alat untuk menyalurkan informasi dalam satuan waktu detik. Misalnya sebuah jaringan memiliki bandwidth sebesar 10 Mbps, hal ini berarti bahwa jaringan tersebut hanya mampu untuk mengirimkan 10 juta bit tiap detiknya

KESIMPULAN

Berdasarkan penelitian dan analisa kelemahan keamanan yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa :
  • Konfigurasi jaringan dengan meningkatkan keamanan dan optimalisasi dari jaringan pada PT. Globalindo Intimates.
  • Penambahan proxy sebagai url filter dapat membuat kinerja karyawan di PT. Globalindo Intimates  meningkat, karena untuk website – website yang dicurigai dapat menghambat kinerja karyawan seperti youtube.com akan di blokir. URL (Universal Resource Locator) adalah konsep nama file standar yang diperluas dengan jaringan untuk menentukan lokasi informasi pada web server.Nama file ini tidak hanya menunjukan direktori dan nama filenya,tetapi juga nama mesinya dalam jaringan. URL digunakan sebagai protocol yang digunakan search engine untuk menelusuri setiap dokumen baik dalam bentuk text, audio, video, animasi, suara atau flash terkait dengan penelusuran yang dicari oleh pengguna agar menemukan data informasi yang brkaitan.
Penggunaan server data yang terpisah dari Server Proxy pada PT. Globalindo Intimates membuat keamanan data tiap client meningkat, karena dengan dijalankannya pengaturan file sharing setiap client/departement meminimalisasi pengaksesan data terhadap client yang tidak perlu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pertemuan 12 Penelitian Tentang Jaringan Perusahaan

PENELITIAN JARINGAN DI PT.GLOBALINDO PENDAHULUAN           Seiring dengan berkembangnya kemajuan teknologi khususnya di bidang inform...